Tugas Manajemen

USAHA RUMAH MAKAN KHAS SUNDA

1. LATAR BELAKANG

Yang menjadi latar belakang kami merencanakan usaha ini adalah letak lokasi rumah dan tempat usaha berdekatan dengan perusahaan-perusahaan (pabrik) dan kebetulan pesaing dlm usaha ini hanya sedikit, diantaranya rumah makan – rumah makan khas daerah. Maka dari itu, dengan membuat rumah makan yang menjadi usaha lain dari pada yang lain dengan menjamin kebersihan, kenyamanan, ketenangan, serta selera makan yang memuaskan, itulah motto kami untuk memuaskan para pelanggan. Kebetulan sebelum itu, kami sudah membuat usaha catering kecil-kecilan yang baru kami layani walaupun hanya beberapa perusahaan saja.

Kami menyadari bahwa dalam pelayanan untuk memuaskan para pelanggan, kami di tuntut untuk selalu on time dalam pelayanan.
Dari survey kami, bahwa masyarakat dan karyawan-karyawan perusahaan yang berdekatan dengan rumah makan kami mayoritas berpenduduk sunda. Maka dengan diadakannya rumah makan khas sunda, selera makan mereka cocok dengan menu yang biasanya kami buat.

II. KEPEMILIKAN USAHA
Pemilik dan kepengurusan
Proyek usaha rumah makan ini adalah usaha perseorangan, pengurusnya adalah anggota-anggota keluarga terdekat, yaitu:
Pemilik/Pimpinan Usaha : Enung Kodariah
Pengurus Harian : Sabila Putri Pratiwi ( adik )
Karyawan :
1. Koki : Dita dan Shifa ( Keponakan )
2. Pelayan : Aini dan Tika Agustina ( Keponakan )
3. Cleaning Service : Salma Gina Alfiani ( Adik )
(Cuci piring dan Bersih-bersih)
4. Pengirim Pesanan : Muhamad Rizal (Adik )

Riwayat Hidup Pemilik
Saat ini saya adalah Wanita Pengusaha yang sudah memiliki keluarga, yang bekerja sebagai Staf Administrasi di sebuah perusahaan.
Modal Usaha
Modal dasar usaha yang telah disetorkan sebesar Rp 90.000.000 (Sembilan Puluh Juta Rupiah) berupa :
1. Tanah Seluas 150 m2 (tempat usaha) Rp 60.000.000
2. Dana Kas dan Bank Rp 30.000.000
Total Rp 90.000.000

III. TEKNOLOGI PRODUKSI

Dalam memproduksi makanan yang siap saji kami menggunakan alat dan bahan makanan yang bersih dan higienis. Bahan-bahan makanan yang kami beli di pasar ditempat yang sudah menjadi langganan.
Adapun nama-nama barang yang dibutuhkan :

Nama Barang
- Kompos Gas
- Tabung Gas
- Etalase 2 meter
- Meja, 1,5m x 2m
- Meja, 1,5m x 80cm
- Kursi
- Piring
- Sendok garpu
- Gelas
- Magic Jar
- Dispenser air
- AC

IV. PEMASARAN
Lokasi usaha lama (catering)

Lokasi usaha lama (catering) yang selama ini kami jalankan adalah di rumah sendiri. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, kami dalam melaksanakan usaha lama ini banyak sekali pesanan, sehingga kami sering kewalahan baik dalam memproduksi menu harian atau transport (pengiriman). Hal ini dikarenakan jumlah personil yang minim. Adapun omset usaha lama yang selama ini kami jalankan cukup baik dengan konsumen per hari 60 orang

Berikut ini daftar menu pesanan catering :
Nasi, Sayur, Ayam, Sambal goreng tempe, dan sambal

Nasi, Sayur, Daging sapi, Sambal goreng kentang, Sambal

Nasi, Sayur, Telur, Tumis-tumis, Sambal

Lokasi usaha baru ( perluasan usaha )
Lokasi baru yang akan kami jalankan ini, terletak tidak jauh dari rumah kami
dimana kami tinggal, yang kebetulan ada tanah kosong seluas 136 m2 yang kurang lebih 2 tahun lalu kami beli dengan harga per m2 Rp 440.000,00
Dengan rasa optimisme yang tinggi, juga didukung oleh letak Rumah Makan kami yang terletak di daerah industri serta berkat bantuan pinjaman kredit barulah kami siap memulainya.

Pesaing
Walaupun lokasi usaha kami tinggal didaerah industri yang pesaingnya para pedagang makanan, seperti WARTEG, WARUNG NASI PADANG, dan Penjual makanan lainnya. Tetapi Rumah Makan kami punya keistimewaan tersendiri, dengan harga yang murah, bersih, dan nyaman. Dengan rata – rata harga jual antara Rp 7.000,00 sampai Rp 11.000,00 Per Porsi atau bungkus.

Segmentasi pasar
Segmentasi pasar Rumah Makan kami ditargetkan pada 2 segmentasi pasar, yaitu:
1. Masyarakat 30 %
2 Industri 70 %

V. KESIMPULAN
Berdasarkan uraian diatas, maka dapat kami simpulkan bahwa dalam rencana memperluas Usaha Catering Menjadi Rumah Makan memiliki prospek yang cukup baik.
1. Memiliki pasar yang cukup luas dengan pelanggan yang kami targetkan 60% dari kursi Rumah makan yang sudah kami siapkan ternyata melebihi dari target yang sudah kami tentukan.
2. Pesaing dalam usaha yang serupa di daerah kami ada. Tetapi selera para konsumen berbeda-beda dan kebetulan di daerah tersebut mayoritas berasal dari daerah jawa barat, sehingga masakan kami sangat cocok dengan selera makan mereka.
3. Hasil produksi kami sudah terkenal / di kenal oleh karyawan-karyawan walaupun hanya baru beberapa perusahaan saja, karena beberapa karyawan perusahaan tersebut mayoritas perantau ( pengontrak ) maka sangat memungkinkan sekali informasi mengenai selera dan rasa dari hasil produksi kami menyebar ke kalangan masyarakat penduduk yang merantau ( pengontrak ) yang bekerja di perusahaan lain.
4. Apabila dalam kurun waktu 1 thn setelah usaha baru ini berjalan, maka beban pengeluaran akan berkurang. Sehingga kami dapat merencanakan kembali membuka Cabang di tempat lain.
5. Dengan menampilkan menu yang berganti-ganti yang tidak membosankan juga di dukung daya cita rasa, higienies dan nyaman. Maka, dengan optimis usaha baru kami ini akan maju dan berkembang.

Tugas Kelompok Manajemen

Nama : 1. IKE SETIANI Npm : 23211491
2. MEGA PUSPITAWATI Npm : 27211837
3. NUNUK NURLITA IRIANI Npm : 25211278

Kelas/Jurusan : 1EB24 / Akuntansi

UNIVERSITAS GUNADARMA

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s